Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

Ruang ICU-Isolasi Sisa Kurang Dari 40 Persen, Jabar Terendah

Selain Jabar, provinsi dengan tingkat ketersediaan ruang ICU dan isolasi terendah di Indonesia adalah DI Yogyakarta dan Banten.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengonfirmasi tingkat ketersediaan ruang Intensive Care Unit (ICU) dan isolasi di rumah sakit secara nasional kurang dari 40 persen.

Wiku menyebut saat ini tingkat keterisian ICU dan ruang isolasi rumah sakit mencapai 62 persen. Sebagian wilayah bahkan memiliki tingkat keterisian lebih dari 75 persen.

"Persentase isolasi di Indonesia sebesar 62,63 persen, ICU 55,6 persen per 27 Desember," kata Wiku dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (29/12).

Wiku menyebut Jawa Barat, DI Yogyakarta, dan Banten jadi tiga provinsi dengan keterisian ICU dan ruang isolasi tertinggi di Indonesia. Tiga provinsi itu sama-sama mencatat 77 persen ruang ICU dan isolasi yang mereka miliki sudah terisi.

Ia mengatakan pemerintah pusat sudah membuat kebijakan untuk mengantisipasi rumah sakit yang kepenuhan. Pemerintah pusat meminta jajaran di daerah menambah jumlah tempat tidur untuk pasien Covid-19.

"Surat edaran kepada dinkes dan direktur rumah sakit terkait penambahan kapasitas ruang isolasi dan ICU 30-40 persen dari jumlah tempat tidur yang telah ada," ujar Wiku.

Selain jumlah ruangan di rumah sakit yang makin menipis Wiku menyebut ada sejumlah masalah lain. Beberapa di antaranya adalah peningkatan kasus infeksi virus corona, ketersediaan logistik obat-obatan, serta peningkatan jumlah tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19.

Per Selasa (29/12) pukul 12.00 WIB, Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan di Indonesia ada 719.219 kasus positif Covid-19. Dari jumlah itu, sebanyak 21.452 orang meninggal dunia, sedangkan 589.978 orang sembuh.